RSS

Tugas 2

14 Jan
  1. Roda analisis Perilaku Konsumen ada 3, sebutkan dan jelaskan!
  • Elemen Efeksi dan Kognisi
    Elemen efeksi dan kognisi merupakan dua tipe tanggapan internal psikologis pada diri konsumen terhadap rangsangan lingkungan dan kejadian yang berlangsung. Efeksi melibatkan perasaan, sedangkan kognisi melibatkan pikiran. Tanggapan efeksi beragam, misalnya penilaian positif- negatif, rasa senang-tidak senang. Keragaman tanggapan dapat melibatkan emosi (cinta, marah), melibatkan tingkat perasaan (kepuasan, frustasi), dan tergantung pada suasana hati (kebosanan) serta melibatkan evaluasi (suka-tidak suka).
    Kognisi merupakan proses mental dan psikologis serta struktur pengetahuan yang dilibatkan dalam tanggapan seseorang terhadap lingkung-annya. Hal tersebut termasuk pengetahuan yang didapat dari pengalaman dan pengetahuan yang telah tertanam dalam memori. Proses psikologi yang termasuk dalam aspek kognisi diantaranya perhatian dan pemahaman terhadap aspek lingkungan, mengingat kejadian masa lalu, pembentukan evaluasi, dan pembuatan keputusan pembelian. Aspek kognisi bias terjadi melalui proses berpikir sadar ataupun dapat terjadi secara tidak sadar dan otomatis.
  • Lingkungan
    Elemen lingkungan (environment) adalah menujuk pada rangsangan fisik dan social yang komplek di luar diri (eksternal) konsumen. Diantaranya adalah benda-benda, tempat dan orang lain yang dapat mempengaruhi efeksi, kognisi serta perilaku konsumen.
  • Perilaku
    Dalam Peter dan Olson (1999) yang dimaksudkan dengan perilaku (behavior) adalah tindakan nyata konsumen yang dapat diobservasi secara langsung.
  1. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian secara online (pilih salah satu online shop)!

    Keputusan membeli secara online dipengaruhi oleh (Deavaj et al. 2003) :
    a. Efisiensi untuk pencarian (waktu cepat, mudah dalam penggunaan, dan usaha pencarian mudah)
    b. Value (harga bersaing dan kualitas baik), dan
    c. Interaksi (informasi, keamanan, load time, dan navigasi).

Tokopedia merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Jual beli online menjadi lebih menyenangkan. Di Tokopedia selain kita menjadi konsumen kita juga bisa menjadi reseller. Ini alasan beberapa konsumen menggunakan jasa Tokopedia, di antaranya yaitu :

  1. Buka toko online praktis dan gratis!
    Buka toko online di tokopedia tidak dipungut biaya, dan pengelolaannya juga sangat mudah. Anda otomatis mendapatkan sub-domain dan tools ecommerce lengkap mulai dari management toko, produk, hingga transaksi.
  2. Asisten pribadi gratis!
    Buat Anda yang membuka toko online di Tokopedia, anda juga akan mendapatkan fitur Asisten Pribadi, gratis! Semua order yang anda terima lewat website tokopedia sudah melalui verifikasi pembayaran dari kami.
  3. Perluas pasar dan tingkatkan penjualan Anda
    Akan lebih banyak mata yang melihat ke etalase Anda, sehingga potensi terjadinya transaksi dari pasar-pasar baru yang selama ini belum Anda jangkau akan semakin lebih besar.
  4. Transaksi yang lebih aman
    Seluruh transaksi jual-beli yang dilakukan di Tokopedia adalah melalui nomor rekening Tokopedia sebagai escrow-account. Tokopedia juga selalu rutin melakukan moderasi untuk pengalaman transaksi yang lebih aman.
  5. Tracking Order
    Tokopedia terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah Anda untuk memantau status pengiriman barang Anda.
  6. Komunitas Jejaring Sosial
    Tokopedia juga didukung dengan fitur ala komunitas jejaring sosial lewat Talk About It dimana kamu bisa ngobrol asik tentang produk. Karena di Tokopedia, Belanja online aman dan nyaman

Ref :

http://dwiretno.lecture.ub.ac.id/files/2009/10/modul-1.doc

https://www.tokopedia.com/about.pl

 
Leave a comment

Posted by on January 14, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • About Me Comments Pictures
  •  
    %d bloggers like this: