RSS

TULISAN : PERILAKU KONSUMEN

20 Oct

Nama : Dewi Ratna Sari

NPM : 11212959

Kelas : 3EA17

SOAL

  1. Apa yang kalian ketahui tentang perilaku konsumen ?
  2. Jelaskan pemikiran yang benar tentang konsumen !
  3. Sebutkan dan jelaskan segmentasi pasar !

JAWABAN

  1. Perilaku konsumen adalah proses pengidentifikasian konsumen dalam memilih, membeli, serta menggunakan produk atau jasa yang dibuktikan dengan cara pengambilan keputusan agar keinginan dan kebutuhannya dapat terpenuhi.
  1. Pemikiran yang benar tentang konsumen :
  • Konsumen adalah raja
    Maksudnya adalah konsumen dilayani kebutuhan dan keinginannya oleh perusahaan, perusahaan akan membuat produk dan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
  • Motivasi dan perilaku konsumen dapat dipahami melalui penelitian
    Hal-hal yang berkaitan dengan motivasi dan perilaku dapat diketahui melalui penelitian, sehingga penelitian ini dipakai sebagai acuan dalam membuat program pemasaran, perencanaan periklanan, perencanaan promosi sehingga hal-hal yang terjadi pada masa yang akan datang dapat diprediksi.
  • Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif yang menghadapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu.
  • Bujukkan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
  1. SEGMENTASI PASAR :
  • Segmentasi Geografis
    Pada segmentasi geografis, pasar dibagi menurut tempat atau daerah dimana konsumen tersebut berada.
  • Segmentasi Demografis
    Karakteristik demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar antara lain:
    ~ Usia,
    ~ Gender (jenis kelamin),
    ~ Status perkawinan,
    ~ Pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan, dsb.
    Artinya pembagian pasar dilihat dari karakteristik diatas, karena kebutuhan dilihat dari karakteristik berbeda-beda, misal dari faktor usia, kebutuhan anak-anak akan berbeda dengan orang dewasa, jika anak-anak hanya mempunyai kebutuhan yang sedikit, sedangkan orang dewasa mempunyai kebutuhan yang lebih banyak.
  • Segmentasi Psikologis
    Karakteristik psikologis merujuk pada karakter masing-masing. Artinya setiap konsumen mempunyai pemikiran, sikap dan motivasi masing-masing untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya.
  • Segmentasi Psikografis
    Bentuk riset konsumen terapan ini biasa disebut analisis gaya hidup. Kebutuhan dan keinginan konsumen akan berbeda-beda sesuai dengan pola hidupnya, maka dari tiu perusahaan membuat sebmen pasar yang sesuai dengan pola hidup para masing-masing konsumen.Profil psikografis salah satu segmen konsumen dapat dianggap sebagai gabungan berbagai kegiatan (activities), minat (interests), dan pendapat (opinions) (AIO) konsumen yang dapat diukur.
  • Segmentasi Sosial Budaya
    Berbagai variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) yaitu variabel sosial budaya menjadi dasar-dasar lebih lanjut bagi segmentasi pasar. Sebagai contoh, berbagai pasar konsumen telah berhasil dibagi lagi menjadi berbagai segmen berdasarkan tahap dalam siklus kehidupan keluarga, kelas sosial, nilai-nilai budaya inti, keanggotaan subbudaya, dan keanggotaan lintas budaya.
  • Segmentasi Terkait Pemakaian
    Bentuk segmentasi ini sangat popular dan efektif dalam menggolongkan konsumen menurut karakteristik produk, jasa, atau pemakaian merek, seperti tingkat pemakaian, tingkat kesadaran, dan tingkat kesetiaan terhadap merek. Segmentasi tingkat pemakaian membedakan antara pemakai berat, pemakai menengah, pemakai ringan, dan bukan pemakai produk, jasa, atau merek khusus.
  • Segmentasi Situasi Pemakaian
    Para pemasar memfokuskan pada situasi pemakaian sebagai variabel segmentasi disebabkan oleh kesempatan atau situasi sering menentukan apa yang akan dibeli atau dikonsumsi para konsumen.
  • Segmentasi Manfaat
    Berubahnya gaya hidup memainkan peran utama dalam menentukan manfaat produk yang penting bagi konsumen, dan memberikan peluang bagi pemasar untuk memperkenalkan produk dan jasa baru. Segmentasi manfaat dapat digunakan untuk mengatur posisi berbagai merek ke dalam golongan produk yang sama.
  • Segmentasi Gabungan
    Tiga pendekatan segmentasi gabungan (hybrid segmentation approach) adalah:
    ~ Profil Psikografis-Demografis
    Profil psikografis dan demografis merupakan pendekatan yang saling melengkapi yang akan memberikan hasil maksimal jika digunakan bersama.
    ~ Segmentasi Geodemografis
    Jenis segmentasi gabungan ini didasarkan pada pendapat bahwa orang yang hidup dekat dengan satu sama lain mungkin mempunyai keuangan, selera, pilihan, gaya hidup, dan kebiasaan konsumsi yang sama.
    ~ VALS 2
    System VALS secara lebih tegas memfokuskan pada usaha menjelaskan perilaku membeli konsumen.

sumber : http://dibbahadisaputra.blogspot.com/2013/11/softskill-segmentasi-pasar.html

 

 
Leave a comment

Posted by on October 20, 2014 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • About Me Comments Pictures
  •  
    %d bloggers like this: